Diperbolehkan
mendahulukan maf’ul bih atas fi’il dan fa’il secara bersamaan pada semisal (عَلِياًّ
اَكْرَمْتُ)
dan (اَكْرَمْتُ عَلِياًّ). Wajib mendahulukan maf’ul atas fi’il dan
fa’il di empat masalah,[1]
a.
Maf’ul berupa isim syarat, seperti (مَنْ يُضْلِلِ اللهُ فَماَ
لَهُ مِنْ هاَدٍ).
b.
Maf’ul berupa isim istifham, seperti (فَأَيَّ
آيَاتِ
اللهِ تُنْكِرُونَ؟).
c.
Maf’ulnya berupa (كَمْ)
atau (كَأَيِّنْ) yang khabariyyah, seperti (كَمْ كِتاَبٍ مَلَكْتَ!) dan (كَأَيِّنْ مِنْ عِلْمٍ حَوَيْتَ!).
d.
Ketika yang menashabkan maf’ul itu adalah jawab-nya
(اَماَّ),
dan tidak ada bagi jawab-nya (اَماَّ) isim yang dibaca nashab yang didahulukan
selain maf’ul itu, (فَأَماَّ الْيَتِيْمَ
فَلاَ تَنْهَرْ وَ اَماَّ السَّائِلَ فَلاَ تَنْهَرْ).
No comments:
Post a Comment