(إِنَّ) dengan dikasrahnya hamzah dikhususkan,
bukan yang lainnya, dengan kebolehan memasukkan lam taukid, yaitu yang
diberi nama lam ibtida’, pada isimnya, (إِنَّ فِي السَّماَءِ
لَخَبَراً وَ إِنَّ فِي الْأَرْضِ لَعِبَراً),
pada khabarnya, seperti (إِنَّ الْحَقَّ لَمَنْصُورٌ), pada ma’mul khabarnya, seperti (إِنَّهُ لِلْخَيْرِ
يَفْعَلُ), dan pada
dlamir fashlu, seperti (إِنَّ الْمُجْتَهِدَ
لَهُوَ الْفَائِزُ).[1]
Syarat Lafal Yang Bebarengan Lam Taukid[2]
a.
Disyaratkan
dalam masuknya lam taukid pada isimnya (إِنَّ), adalah harus
jatuh setelah dzaraf atau jer-majrur yang ber-ta’alluq dengan khabarnya
yang dibuang, seperti (إِنَّ عِنْدَكَ
لَخَيْراً عَظِيْماً وَ إِنَّكَ لَخُلُقاً كَرِيْماً).
b.
Disyaratkan
masuknya lam taukid pada khabarnya adalah tidak bebarengan dengan perabot syarat
atau nafi, dan fi’il tersebut tidak berupa fi’il madli mutasharrif
yang dikosongkan dari (قَدْ).
Dan jika berupa fi’il madli yang bebarengan (قَدْ), maka diperbolehkan untuk masuknya lam
kepadanya, seperti (إِنَّهُ لَقَدِ اجْتَهَدَ). Seperti (إِنَّ رَبِّي
لَسَمِيْعُ الدُّعاَءِ وَ إِنَّ رَبَّكَ لَيَعْلَمُ وَ إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي
الْمَوْتَى).
Ketika khabarnya
(إِنَّ) sudah
memenuhi syarat bebarengan dengan lam taukid, maka diperbolehkan untuk
memasukkan lam tersebut, tidak ada bedanya jika khabar itu berupa mufrad, (إِنَّ الْحَقَّ لَمَنْصُورٌ), atau jumlah ismiyyah, (إِنَّ الْحَقَّ
لَصَوتُهُ مَرْتَفِعٌ), atau jumlah
mudlari’iyyah, (إِنَّ رَبَّكَ لَيَحْكُمُ بَيْنَهُمْ), atau jumlah madliyyah yang fi’il
madlinya berupa fi’il jamid, (إِنَّكَ لَنِعْمَ
الرَّجُلِ) atau berupa fi’il
mutasharrif yang bebarengan dengan (قَدْ), seperti (إِنَّ الْفَرَجَ
لَقَدْ دَناَ). Dan ketika
khabarnya dibuang, maka diperbolehkan memasukkan lam tersebut pada dzaraf atau
jer-majrur yang ber-ta’alluq dengannya, seperti (إِنَّ اَخاَكَ
لَعِنْدِي وَ إِنَّ اَباَكَ لَفِي الدَّارِ).
c.
Disyaratkan
masuknya lam taukid pada maf’ulnya khabar, dua syarat, yaitu: pertama, lam
tersebut berada ditengah antara isim dan khabar. Dan kedua, khabarnya termasuk
lafal yang pantas jika dimasuki lam tersebut, seperti (إِنَّ سَلِيْماً
لَفِي حاَجَتِكَ سَاعٍ وَ إِنَّهُ لَيَومَ الْجُمْعَةِ آتٍ وَ إِنَّهُ لَأَمَرَكَ
يُطِيْعُ).
d.
Adapun
dlamir fashlu, maka tidak ada syarat khusus dalam masuknya lam taukid
kepadanya, (إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْقَصَصُ الْحَقُّ).
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 303
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 304-305
No comments:
Post a Comment