Hamzahnya (إِنَّ) wajib dibaca kasrah, yaitu ketika tidak
sah bila lafal setelahnya di-ta’wil dengan masdar, di sebelas tempat:[1]
a.
(إِنَّ) berada
dipermulaan kalam, baik secara hakiki, (إِناَّ اَنْزَلْناَهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ), atau hukmi,
(اَلاَ إِنَّ اَوْلِيَاءَ اللهِ لاَ خَوفٌ عَلَيْهِمْ وَ لاَ هُمْ يَحْزَنُونَ).
Namun, jika
jatuh setelah huruf tanbih, seperti (أَلاَ), atau huruf istiftah,
seperti (أَلاَ) dan (اَماَ), atau huruf tahdlidl,
seperti (هَلاَّ), atau huruf rad’u, seperti (كَلاَّ), atau huruf jawab,
seperti (نَعَمْ) dan (لاَ), maka (إِنَّ) dibaca kasrah
hamzahnya, karena (إِنَّ) dihukumi diawal.
b.
(إِنَّ) jatuh setelah (حَيْثُ), (اِجْلِسْ حَيْثُ
إِنَّ الْعِلْمَ مَوجُودٌ).
c.
(إِنَّ) jatuh setelah (إِذْ), (جِئْتُكَ إِذْ إِنَّ
الشَّمْسَ تَطْلُعُ).
d.
(إِنَّ) menjadi permulaannya jumlah shillah-nya
isim maushul, (جَاءَ الَّذِي إِنَّهُ مُجْتَهِدٌ).
e.
Lafal
setelah (إِنَّ) menjadi
jawabnya qasam, (وَ اللهِ إِنَّ الْعِلْمَ نُورٌ).
f.
(إِنَّ) jatuh setelah lafal (قَالَ) atau yang tertashrif darinya yang tidak
mengandung makna dzan, (قاَلَ إِنِّي عَبْدُ
اللهِ).
g.
(إِنَّ) dan lafal setelahnya menjadi haal,
(جِئْتُ وَ إِنَّ الشَّمْسَ تَغْرُبُ).
h.
(إِنَّ) beserta lafal setelahnya menjadi sifat
bagi lafal sebelumnya, (جَاءَ رَجُلٌ إِنَّهُ فَاضِلٌ).
i.
(إِنَّ) menjadi awal jumlah isti’nafiyyah,
(يَزْعُمُ فُلاَنٌ أَنِّي اَسَأْتُ اِلَيْهِ إِنَّهُ
لَكاَذِبٌ).
j.
Pada
khabarnya (إِنَّ) terdapat lam
ibtida’, (عَلِمْتُ إِنَّكَ لَمُجْتَهِدٌ).
k. (إِنَّ) beserta lafal setelahnya menjadi
khabarnya isim ‘ain, yaitu isim yang menunjukkan pada dzat atau sesuatu yang
berdiri dengan dirinya sendiri, (خَلِيْلٌ اِنَّهُ
كَرِيْمٌ).
No comments:
Post a Comment