Asal dari mubtada’ didahulukan dan asal dari khabar
adalah diakhirkan, namun kadang mubtada’ wajib didahulukan, yaitu di enam
tempat, yaitu:[1]
a.
Mubtada’
berupa isim yang haknya isim tersebut berada diawal, seperti isim syarat, (مَنْ يَتَّقِ اللهَ
يُفْلِحْ), atau isim istifham,
(مَنْ جَاءَ؟), atau (ماَ) ta’ajjubiyyah,
(ماَ اَحْسَنَ الْفَضِيْلَةَ!),
atau (كَمْ)
khabariyyah, (كَمْ كِتاَبٍ عِنْدِي!).
b.
Mubtada’
berupa isim yang menyerupai isim syarat, seperti (اَلَّذِي يَجْتَهِدُ فَلَهُ
جَائِزَةٌ).
c.
Mubtada’
diidlafahkan kepada isim yang hak dari isim tersebut adalah berada dipermulaan
kalam, (غُلاَمُ مَنْ
مُجْتَهِدٌ؟).
d.
Mubtada’
dibarengi dengan lam taukid (yaitu yang dinamakan dengan lam ibtida’),
seperti (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ
مِنْ مُشْرِكٍ).
e.
Jika
masing-masing dari mubtada’ dan khabar berupa isim ma’rifat atau isim nakirah,
dan disitu tidak terdapat qarinah yang mewajibkan pada salah satunya,
sehingga mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan terjadinya kesamaran
musnad dengan musnad ilaih, (اَخُوكَ عَلِيٌّ) jika yang diinginkan adalah mengabarkan
saudara laki-laki, dan (عَلِيٌّ اَخُوكَ) jika yang diinginkan adalah mengabarkan
Ali.
f.
Mubtada’
diringkas dalam khabar, yaitu sekiranya khabar bebarengan dengan (اِلاَّ) secara lafdzi, seperti (وَ ماَ مُحَمَّدٌ
اِلاَّ رَسُولٌ), atau makna,
seperti (اِنَّماَ اَنْتَ نَذِيْرٌ).
No comments:
Post a Comment