Khabarnya mubtada’ memiliki tujuh hukum, yaitu:[1]
a.
Wajib
dibaca rafa’. Amil yang merafa’kan khabar adalah mubtada’.
b.
Asal
dari khabar adalah berbentuk nakirah yang musytaq, namun terkadang
khabar berbentuk isim jamid, (هَذَا حَجَرٌ).
c.
Khabar
harus mencocoki mubtada’ dalam hal mufrad, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan
mu’annatsnya, artinya jika mubtada’nya mufrad, maka khabarnya juga harus
mufrad, dan seterusnya.
d.
Boleh
membuang khabar jika ada perkara yang menunjukkannya, (خَرَجْتُ فَإِذاً
اَلاَسَدُ) artinya (فَإِذاً الأَسَدُ حَاضِرٌ).
e.
Wajib
membuang Khabar di empat tempat, yaitu:[2]
1)
Khabar
menunjukkan pada sifat yang mutlak, artinya menunjukkan pada wujud yang umum.
Yang demikian itu terjadi didua masalah, pertama,
ketika yang menjadi khabar adalah ta’alluq dari dzaraf atau jer-majrur,
seperti (اَلْجَنَّةُ تَحْتَ اَقْدَامِ الْأُمَّهَاتِ) dan (اَلْعِلْمُ فِي الصُّدُورِ). Kedua, khabar jatuh setelah (لَولاَ) atau (لَوماَ), seperti (لَولاَ الدِّيْنُ
لَهَلَكَ النَّاسً) dan (لَوماَ الْكِتاَبَةُ
لَضَاعَ اَكْثَرُ الْعِلْمِ).
2)
Khabar
tersebut untuk mubtada’ yang sharih dalam sumpah, artinya khusus dalam
sumpah, (لَعُمْرُكَ لَأَفْعَلَنَّ).
3)
Mubtada’nya
berupa masdar atau isim tafdlil yang diidlafahkan kepada masdar, dan
setelah keduanya adalah haal yang tidak pantas jika haal tersebut
menjadi khabar, namun pantasnya adalah haal tersebut menempati tempatnya
khabar dalam menunjukkan kepada khabar, (تَأْدِيْبِي
الْغُلاَمَ مُسِيْئاً) dan (اَفْضَلُ صَلاَتِكَ
خَالِياً مِماَّ يَشْغَلُكَ).
Tidak ada bedanya baik isim tafdlil itu diidlafahkan
kepada masdar yang sharih, seperti dalam contoh di atas, atau masdar
yang mu’awwal, seperti (اَحْسَنُ ماَ
تَعْمَلُ الْخَيْرَ مُسْتَتِراً). Begitu juga
tidak ada bedanya antara haal itu mufrad atau berupa jumlah, seperti (اَقْرَبُ ماَ يَكُونُ
الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَ هُوَ سَاجِدٌ).
4)
Khabar
jatuh setelah waw yang harus bermakna (مَعَ), seperti (كُلُّ امْرِيءٍ وَ
ماَ فَعَلَ) dengan
penakdiran (مَعَ فِعْلِهِ).
f.
Khabar
boleh berbilang sedangkan mubtada’nya hanya satu, seperti (خَلِيْلٌ كاَتِبٌ
شَاعِرٌ خَطِيْبٌ).
g.
Asal
dari khabar adalah diakhirkan dari mubtada’, namun terakadang khabar
didahulukan atas mubtada’, baik jawaz atau wajib.
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 259-262
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 260
No comments:
Post a Comment