Mubtada’ dan khabar adalah dua isim yang dari kedua-nya
terbentuklah jumlah ismiyyah, seperti (اَلْحَقُّ مَنْصُوْرٌ). Perbedaan mubtada’ dan khabar adalah
kalau mubtada’ adalah sesuatu yang dikabarkan (mukhbar ‘anhu), sedangkan
khabar adalah sesuatu yang digunakan untuk mengabarkan (mukhbar bih).[1]
Mubtada’
adalah musnad ilaih yang tidak didahului oleh ‘amil lafdzi. Dan Khabar
adalah lafal yang disandarkan kepada mubtada’ yang dengan khabar tersebut
mubtada’ bisa menyempurnakan faidah. Jumlah yang tersusun dari mubtada’ dan
khabar disebut dengan Jumlah Ismiyyah.[2]
Hukum Mubtada’
Hukum yang dimiliki oleh mubtada’ adalah:[3]
a.
Wajib
dibaca rafa’ dengan amil berupa ‘amil ma’nawi ibtida’. Namun, terkadang
mubtada’ dijerkan dengan ba’ atau (مِنْ) yang keduanya
adalah zaidah, atau dijerkan dengan (رُبَّ) yang
merupakan huruf jer yang menyerupai zaidah, seperti (بِحَسْبِكَ اللهُ), (هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللهِ يَرْزُقُكُمْ ؟) dan (ياَ رُبَّ كاَسِيَةٍ فِي الدُّنْياَ عاَرِيَةٌ يَزمَ الْقِيَامَةِ).
b.
Wajib
berupa isim ma’rifat, seperti (مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ), atau berupa isim nakirah yang bisa
memberikan faidah, seperti (مَجِلِسُ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ
خَيْرٌ مِنْ عِباَدَةِ سَبْعِيْنَ سَنَةً).
Isim nakirah bisa memberikan faidah dengan salah satu
dari empat belas syarat, yaitu:
1)
Dengan
diidlafahkan secara pelafalannya, (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ), atau makna,
(كُلٌّ يَمُوتُ) yang artinya
(كُلُّ اَحَدٍ).
2)
Dengan
sifat secara pelafalan, seperti (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ
مِنْ مُشْرِكٍ), atau
dikira-kirakan, seperti (شَرٌّ اَهَرُّ ذَا نَابٍ) artinya (شَرٌّ عَظِيْمٌ), atau secara maknaya yaitu dengan
sekiranya isim nakirah itu di-tasghir-kan, seperti (رُجَيْلٌ عِنْدَناَ) artinya (رَجُلٌ حَقِيْرٌ), karena tasghir pada lafal itu
adalah makna sifat.
3)
Ketika
Khabarnya isim nakirah itu berupa dzaraf atau jer-majrur yang mendahuluinya,
seperti (وَ فَوقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيْمٌ وَ
لِكُلِّ اَجَلٍ كِتاَبٌ).
4)
Isim
nakirah itu jatuh setelah nafi atau istifham atau (لَولاَ) atau (اِذاً) fuja’iyyah, seperti (ماَ اَحَدٌ
عِنْدَناَ), (أَإِلَهٌ مَعَ اللهِ ؟), (لَولاَ اصْطِباَرُ
لأَوْدَى كُلُّ ذِي مِقَةٍ * لَماَّ اسْتَقَلَّتْ مَطاَيَاهُنَّ لِلظَّعْنِ) dan (خَرَجْتُ فَإِذاً اَسَدٌ
رَابِضٌ).
5)
Isim
nakirah itu bisa beramal, seperti (إِعْطاَءٌ قِرْشاً فِي
سَبِيْلِ الْعِلْمِ يَنْهَضُّ بِالْأَماَنَةِ).
Lafal (إِعْطَاءٌ)
beramal menashabkan (قِرْشاً)
yang menjadi maf’ul bih.
6)
Isim
nakirah itu berupa isim mubham, seperti berupa isim syarat, istifham,
(ماَ) ta’ajjubiyyah
dan (كَمْ) khabariyyah,
seperti (مَنْ يَجْتَهِدْ يُفْلِحْ), (مَنْ مُجْتَهِدٌ ؟ وَ كَمْ
عِلْماً فِي صَدْرِكَ ؟), (ماَ اَحْسَنَ الْعِلْمَ) dan (كَمْ مَأْثَرَةٍ لَكَ!).
7)
Isim
nakirah itu berfaidah untuk do’a dengan kebaikan atau kejelekan, seperti (سَلاَمٌ عَلَيْكُمْ) dan (وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِيْنَ).
8)
Isim
nakirah itu sebagai pengganti dari maushuf atau lafal yang disifati,
seperti (عاَلِمٌ خَيْرٌ مِنْ
جَاهِلٍ) yang artinya adalah (رَجُلٌ عَالِمٌ).
9)
Isim
nakirah itu menjadi permulaan jumlah haaliyyah yang dihubungkan dengan
waw atau dengan tanpa waw, seperti syair,
سَرَيْناَ وَ نَجْمُ
قَدْ اَضَاءَ فَمُذْ بَداَ * مُحْيَاكَ اَخْفَى ضَوءُهُ كُلَّ شَارِقِ
Dan syair,
اَلذِّئْبُ يَطْرُقُهاَ فِي
الدَّهْرِ وَاحِدَةً * وَ كُلَّ يَومٍ تَرَانِي مُدْيَةٌ بِيَدَيَّ
10) Jika yang diinginkan dengan isim
nakirah tersebut adalah untuk tanwi’, artinya memerinci atau membagi,
seperti perkataan Imri’il Qays,
فَأَقْبَلْتُ زَحْفاً
عَلَى الرُّكْبَتَيثْنِ * فَثَوبٌ لَبِسْتُ وَ ثَوبٌ اَجُرّ
11) Isim nakirah di’athafkan kepada isim
ma’rifat atau ada isim ma’rifat yang di’athafkan kepada isim nakirah tersebut,
(خَالِدٌ وَ رَجُلٌ يَتَعَلَّماَنِ
الْبَيَانَ) dan (رَجُلٌ وَ خَالِدٌ
يَتَعَلَّماَنِ الْبَيَانَ).
12) Isim nakirah di’athafkan kepada isim
nakirah yang disifati atau ada isim nakirah yang disifati di’athafkan kepada
isim nakirah tersebut, (قَولٌ مَعْرُوفٌ وَ
مَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهاَ اَذًى)
dan (طَاعَةٌ وَ قَولٌ مَعْرُوفٌ
اَمْثَلُ مِنْ غَيْرِهِماَ).
13) Jika yang diinginkan dengan isim
nakirah tersebut adalah hakikat dari jenisnya bukan person-person dari
jenisnya, seperti (رَجُلٌ اَقْوَى مِنِ
امْرَأَةٍ).
14) Jika isim nakirah tersebut menjadi jawab,
seperti (رَجُلٌ) yang menjadi
jawabnya orang yang berkata, (مَنْ عِنْدَكَ).
Imam Sibaweh dan para ulama’ terdahulu tidak mensyaratkan
kebolehan membuat mubtada’ dari isim nakirah kecuali hanya bisa didapatkannya
faidah. Jadi, semua isim nakirah yang bisa memberikan faidah, maka sah bila
dijadikan mubtada’.[4]
Oleh karenanya, tidak diperbolehkan membuat mubtada’ dengan isim nakirah yang
disifati atau isim nakirah yang khabarnya berupa dzaraf atau jer-majrur yang
didahulukan dari isim nakirah itu, jika dia tidak bisa memberikan faidah.
Sehingga, tidak boleh jika diucapkan (رَجُلٌ مِنَ النَّاسِ
عِنْدَناَ) dan tidak
juga (لِإِنْسَانٍ ثَوْبٌ),
karena tidak dapat memberikan faidah, karena sifat pada contoh pertama dan
pendahuluan khabar pada contoh kedua tidak berfaidah pada takhshish,
karena keduanya tidak bisa memperkecil dari keumuman isim nakirah.
c.
Boleh
dibuang jika ada yang menunjukkan kepadanya, seperti kita mengucapkan (كَيْفَ سَعِيْدٌ؟) lalu dijawab (مُجْتَهِدٌ) penakdiran (هُوَ مُجْتَهِدٌ).
d.
Wajib
membuang mubtada’ di empat tempat, yaitu :[5]
1)
Jika
jawab-nya qasam menunjukkan kepada mubtada’, seperti (فِي ذِمَّتِي لَأَفْعَلَنَّ كَذَا), artinya (فِي ذِمَّتِي عَهْدٌ اَو مِيْثَاقٌ).
2)
Jika
khabarnya mubtada’ berupa masdar yang menjadi pengganti dari fi’ilnya, seperti (صَبْرٌ جَمِيْلٌ) yang ditakdirkan (صَبْرِي صَبْرٌ جَمِيْلٌ).
3)
Jika
khabarnya dikhususkan dengan pujian atau hinaan setelah (نِعْمَ) dan (بِئْسَ) yang diakhirkan dari keduanya, seperti (نِعْمَ الرَّجُلُ
اَبُو طَالِبٍ) dan (بِئْسَ الرَّجُلُ
اَبُو لَهَبٍ). Lafal (اَبُو) pada kedua contoh tersebut adalah
khabarnya mubtada’ yang dibuang dengan penakdiran (هُوَ).
4)
Jika
pada asalnya mubtada’ tersebut berupa na’at yang diputus dari sifat
kena’atannya dalam pujian atau hinaan atau berbelas kasihan, (خُذْ بِيَدِ زُهَيْرٍ
الْكَرِيْمُ), (دَعْ مُجَالَسَةَ
فُلاَنٍ اللَّئِيْمُ) dan (اَحْسِنْ اِلَى
فُلاَنٍ الْمِسْكِيْنُ). Pada
contoh-contoh tersebut mubtada’ wajib dibuang dengan ditakdirkan dengan (هُوَ الْكَرِيْمُ), (هُوَ اللَّئِيْمُ) dan (هُوَ الْمِسْكِيْنُ).
e.
Hukum
asalnya mubtada’ adalah disebutkan sebelum khabar, tetapi terkadang mubtada’
wajib diakhirkan dan terkadang diperbolehkan kedua perkara.
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 253
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 253
[3] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 254-257
[4] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 257
[5] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 258
No comments:
Post a Comment