Khabar Yang Bebarengan (اَنْ)
(كَادَ) dan sesamanya, dari segi terbarenginya khabar
dengan (اَنْ) atau tidak,
terbagi menjadi tiga, yaitu:[1]
1)
Yang
wajib khabarnya bebarengan dengan (اَنْ), yaitu ada
dua, (حَرَى) dan (اِخْلَوْلَقَ), dari af’alul
raja’.
2)
Yang
wajib untuk dikosongkan dari (اَنْ), yaitu af’alul syuru’.
3)
Diperbolehkan
dua wajah, yaitu dibarengi (اَنْ) atau tidak, yaitu af’alul muqarabah
dan (عَسَى) dari af’alul raja’, namun
kebanyakan dalam (عَسَى) dan (اَوْشَكَ) adalah
khabarnya dibarengi (اَنْ), seperti (عَسَى رَبُّكُمْ اَنْ يَرْحَمَكُمْ)
dan syair,
وَ لَوْ سَئِلَ النَّاسُ التُّرَابَ لَأَوْشَكُوا *
اِذَا قِيْلَ هَاتُوا اَنْ يَمَلُّوا وَ يَمْنَعُوْا
Dan mengosongkan khabar darinya adalah qalil,
عَسَى الْكَرْبُ
الَّذِي اَمْسَيْتُ فِيْهِ * يَكُونُ وَرَاءَهُ فَرَجٌ قَرِيْبٌ
Kebanyakan dalam
(كاَدَ) dan (كَرَبَ) adalah khabarnya di-kosongkan dari (اَنْ), seperti (فَذَبَحُوهاَ وَ ماَ
كَادُوا يَفْعَلُونَ) dan,
كَرَبَ الْقَلْبُ
مِنْ جَوَاهُ يَذُوْبُ * حِيْنَ قَالَ الْوُشَاةُ هِنْدٌ غَضُوْبٌ
Bebarengannya khabar dengan (اَنْ) adalah qalil, seperti (كَادَ الْفَقْرُ اَنْ
يَكُونَ كُفْراً).
Hukum Khabar yang Bebarengan (اَنْ) dan Dikosongkan Darinya
Jika khabar yang bebarengan (اَنْ) adalah seperti (اَوْشَكَتِ
السَّماَءُ اَنْ تُمْطِرَ) dan (عَسَى الصَّدِيْقُ
اَنْ يَحْضُرَ), maka fi’il
mudlari’ itu sendiri yang menjadi khabar, namun yang menjadi khabar-nya adalah
masdarnya yang dita’wil dengan (اَنْ), sehingga penakdirannya menjadi (اَوْشَكَتِ
السَّماَءُ ذَا مَطَرٍ) dan (عَسَى الصَّدِيْقُ
ذَا حُضُوْرٍ), akan tetapi
tidak diperbolehkan untuk men-sharih-kan dengan khabar yang mu’awwal
itu, karena khabarnya tidak boleh dengan lafal isim. Dan jika khabar tidak
bebarengan dengan (اَنْ),
seperti (اَوْشَكَتِ السَّماَءُ تَمْطِرُ), maka yang menjadi khabarnya adalah
jumlah itu, dan jumlah itu dibaca nashab mahall-nya sebagai khabar.[2]
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 288
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 289
No comments:
Post a Comment