Isim Isyarah adalah isim yang menunjukkan pada sesuatu
yang tertentu dengan menggunakan perantara isyarah yang bersifat indrawi dengan
tangan dan semisalnya, jika sesuatu yang diisyarahi itu hadir, atau dengan
isyarah maknawi, jika sesuatu yang diisyarahi itu berupa makna atau dzat
yang tidak hadir.[1]
Macam
isim isyarah adalah (ذَا)
untuk mufrad mudzakar, (ذَانِ)
dan (ذَيْنِ) yang
digunakan untuk tatsniyyah mudzakar, (ذِهْ) dan (تِهْ) untuk mufradah mu’annatsah, (تَانِ) dan (تَيْنِ) untuk tatsniyyah mu’annats, (اُولاَءِ) dan (اُولَى) untuk jama’ mudzakar dan mu’annats, baik
jama’ itu untuk sesuatu yang berakal, seperti (اُولَئِكَ عَلَى
هُدىً مِنْ رَبِّهِمْ وَ اُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ),
atau untuk yang lainnya, seperti (اِنَّ السَّمْعَ وَ
الْبَصَرَ وَ الْفُؤَادَ كُلّ ذَلِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْؤُولاً), tetapi kebanyakan digunakan untuk
jama’nya sesuatu yang berakal, dan untuk selain yang berakal digunakan (تِلْكَ), seperti (وَ تِلْكَ
الْأَيَّامُ نُدَاوِلُهاَ بَيْنَ النَّاسِ).
Dibolehkan untuk men-tasydid nun dalam tatsniyyah-nya (ذَا) dan (تاَ), baik tatsniyyah-nya dengan alif
atau ya’,[2]
sehingga kita ucapkan (ذَانِّ وَ ذَيَنِّ وَ تَيَنِّ). Dan telah diucapkan (فَذَانِّكَ
بُرْهاَناَنِ).
Diantara
isim isyarah ada yang terkhusus untuk tempat, sehingga dia digunakan untuk
mengisyarahi tempat yang dekat dengan (هُناَ), tempat yang sedang dengan (هُناَكَ) dan yang jauh dengan (هُناَلِكَ) dan (ثَمَّ).[3]
Diantara isim isyarah banyak yang diberi (هَا) huruf tanbih, sehingga diucapkan (هَذَا), (هَذِهِ), (هَاتَانِ) dan (هَؤَلاَءِ).[4] Terkadang
(ذَا) dan (تِي) diberi kaf huruf khithab, sehingga
diucapkan (ذَاكَ) dan (تِيْكَ), dan terkadang diberi kaf khitab
beserta lam, sehingga di-ucapkan (ذَلِكَ) dan (تِلْكَ). Terkadang (ذَانِ), (ذَيْنِ), (تَانِ), (نَيْنِ) dan (اُولاَءِ) diberi kaf khithab saja, sehingga
diucapkan (ذَانِكَ), (تَانِكَ) dan (اُولَئِكَ).
Diperbolehkan
untuk memisah diantara (هاَ)
huruf tanbih dan isim isyarah dengan dlamirnya musyar ilaih
(sesuatu yang diisyarahi), seperti (هاَ اَناَ ذَا), (هاَ اَنْتُماَ ذَانِ) dan (هَا نَحْنُ اُولاَءِ), dan itu adalah yang paling fasih
dalam bahasa arab, seperti dalam firman Allah ta’ala, (هاَ اَنْتُمْ
اُولاَءِ تُحِبُّوْنَهُمْ وَ لاَ يُحِبُّونَكُمْ).
Adapun memisahnya dengan selain dlamirnya musyar ilaih adalah qalil,
seperti (هاَ اِنَّ الْوَقْتَ قَدْ حَانَ). Dan memisah dengan kaf tasybih
pada (هَكَذَا) adalah banyak
terjadinya dan sudah masyhur.[5]
Martabat Musyar Ilaih
Musyar
ilaih atau sesuatu yang diisyarahi
mempunyai tiga martabat, yaitu dekat, sedang dan jauh.[6]
Sesuatu yang dekat, diisyarahi dengan isim isyarah yang tidak ada kaf dan lam,
seperti (اَكْرِمْ هَذَا الرَّجُلَ هَو هَذِهِ الْمَرْأَةَ). Sesuatu yang sedang, diisyarahi dengan
isim isyarah yang ada kafnya saja, seperti (اِرْكَبْ ذَاكَ
الْحِصَانَ اَو تِيْكَ النَّاقَةَ). Dan sesuatu
yang jauh, diisyarahi dengan isim isyarah yang ada kaf dan lam secara
bersamaan, seperti (خُذْ ذَلِكَ الْقَلَمَ اَو تِلْكَ الدَّواةَ).
Faidah:[7]
a. (ذَانِ) dan (تاَنِ) digunakan pada saat rafa’, (ذَيْنِ) dan (تَيْنِ) digunakan pada saat nashab dan jer.
Keduanya
saat rafa’, seperti (جَاءَ هَذَانِ الرَّجُلاَنِ وَ هاَتاَنِ
الْمَرْأَتاَنِ), dimabnikan
alif dan pada saat nashab dan jer, seperti (اَكْرِمْ هَذَيْنِ
الرَّجُلَيْنِ وَ هاَتَيْنِ الْمَرْأَتَيْنِ),
dimabnikan ya’. Keduanya bukanlah isim mu’rab dengan alif ketika rafa’
dan dengan ya’ ketika nashab dan jer, seperti isim tatsniyyah, karena semua
isim isyarah adalah mabni bukan mu’rab. Namun, sebagian ulama’ ada yang
mengi’rabinya dengan i’rabnya isim tatsniyyah.
b. (ذَهْ) dan (تِهْ), keduanya dengan disukunnya ha’ atau dikasrah.
c. Kaf khithab adalah huruf yang
seperti kaf dlamir dalam harakatnya dan alamat yang ada padanya, sehingga kita
ucapkan (ذَاكَ كِتاَبُكَ ياَ تِلْمِيْذُ), (ذَاكَ كِتاَبُكَ ياَ
تِلْمِيْذَةُ), (ذَلِكُماَ
كِتاَبُكُماَ ياَ تِلْمِيْذَانِ وَ ياَ تِلْمِيْذَتاَنِ),
(ذَلِكُمْ كِتاَبُكُمْ ياَ تَلاَمِيْذُ), dan (ذَلِكُنَّ
كِتاَبُكُنَّ ياَ تِلْمِيْذَاتُ).
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[3] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 127
[4] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[5] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128
[6] Tasywiq
al-Khillan, hlm. 172
[7] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 128-129
No comments:
Post a Comment