Khabar terbagi menjadi dua, yaitu Khabar Mufrad
dan Khabar Jumlah.
a. Khabar Mufrad
Khabar Mufrad
adalah khabar yang tidak berupa jumlah, meskipun khabar itu berupa tatsniyyah
atau jumlah, (المُجْتَهِدُ مَحْمُودٌ), (المُجْتَهِداَنِ مَحْمُودَانِ) dan (المُجْتَهِدُونَ مَحْمُودُونَ).
Khabar Mufrad terbagi menjadi dua, yaitu:[1]
1) Khabar Jamid, yaitu khabar
yang didalamnya tidak terdapat makna sifat, seperti (هَذَا حَجَرٌ).
Khabar jamid
tidak mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, kecuali jika khabar itu
bermakna musytaq, maka bisa mengandung dlamir yang kembali kepada
mubtada’, seperti (عَلِيٌّ اَسَدٌ). Karena lafal (اَسَدٌ) pada contoh
itu bermakna (شُجَاعٌ) dan sama dengannya dalam hal mengandung
dlamir mustatir dengan penakdiran (هُوَ) yang kembali
kepada (عَلِيٌّ), yaitu dlamirnya fa’il.
Para ulama’
Kuffah telah berpendapat bahwa khabar jamid mengandung dlamir yang
kembali kepada mubtada’, meskipun dia tidak bermakna musytaq. Jadi,
ketika kita mengucapkan (هَذَا حَجَرٌ), maka (حَجَرٌ) mengandung
dlamir yang kembali kepada isim isyarah dengan penakdiran (هُوَ), artinya (هَذَا حَجَرٌ هُوَ), dan
perkataan mereka tidaklah jauh dari kebenaran.
2) Khabar Musytaq, yaitu khabar
yang didalamnya terdapat maknanya sifat, (زُهَيْرٌ مُجْتَهِدٌ). Khabar Musytaq
mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, kecuali ketika khabar tersebut
merafa’kan isim dzahir maka khabar itu tidak mengandung dlamir, seperti (زُهَيْرٌ مُجْتَهِدٌ اَخُوهُ).
Khabar yang mengandung dlamir yang kembali kepada
mubtada’, maka wajib adanya kesesuaian antara khabar dengan mubtada’, dalam
mufrad, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan mu’annats,[2]
seperti (عَلِيٌّ مُجْتَهِدٌ),
(فاَطِمَةُ مُجْتَهِدَةٌ), (التِّلْمِيْذَانِ مُجْتَهِداَنِ), (التِّلْمِيْذَتاَنِ مُجْتَهِدَتاَنِ), (اَلتَّلاَمِيْذُ مُجْتَهِدُونَ) dan (اَلتِّلْمِيْذَاتُ مُجْتَهِداَتٌ). Namun, jika khabar tidak mengandung
dlamir yang kembali kepada mubtada’, maka diperbolehkan adanya kesesuaian,[3]
seperti (اَلشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ آيَتاَنِ مِنْ
آيَاتِ اللهِ), dan
diperbolehkan pada tidak adanya kesesuaian, seperti (اَلنَّاسُ قِسْماَنِ
عاَلِمُ وَ مُتَعَلِّمُ وَ لاَ خَيْرَ فِيْماَ بَيْنَهُماَ).
b. Khabar Jumlah
Khabar Jumlah
adalah khabar yang berupa jumlah fi’liyyah atau jumlah ismiyyah,
seperti (اَلْخُلُقُ الْحَسَنُ يُعْلِي قَدْرَ
صَاحِبِهِ) dan (اَلْعَامِلُ
خُلُقُهُ حَسَنٌ). Disyaratkan
bagi jumlah yang menjadi khabar adalah jumlah itu harus mengandung penghubung
atau rabith yang menghubungkan khabar dengan mubtada’.[4]
Penghubung itu adakalanya berupa dlamir bariz, (اَلظُّلْمُ مَرْتَعُهُ
وَخِيْمٌ), atau dlamir mustatir
yang kembali kepada mubtada’, seperti (اَلْحَقُّ يَعْلُو), atau dikira-kirakan, (اَلْفِضَّةُ
الدِّرْهَمُ بِقِرْشٍ) dengan
penakdiran (الدِّرْهَمُ مِنْهاَ),
atau berupa isyarah kepada mubtada’, (وَ لِباَسُ
التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ), dan
adakalanya dengan mengulang lafalnya mubtada’, (اَلْحَاقَّقُ ماَ الْحَاقَّةُ
؟) atau dengan lafal yang lebih umum dari
mubtada’, (سَعِيْدٌ نِعْمَ الرَّجُلُ).
Terkadang jumlah yang menjadi khabar adalah dirinya
mubtada’ dalam makna, sehingga kita tidak membutuhkan lagi pada rabith,
karena jumlah itu bukan perkara yang asing sehingga kita harus membutuhkan pada
rabith,[5]
seperti (قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ).
(هُوَ) adalah dlamir
sya’an dan jumlah setelah adalah dirinya (هُوَ), seperti halnya kita mengucapkan (هُوَ عَلِيٌّ
مَجْتَهِدٌ).
Terkadang khabar jatuh sebagai dzaraf atau jer-majrur,
seperti (اَلْمَجْدُ تَحْتَ عَلَمِ الْعِلْمِ) dan (اَلْعِلْمُ فِي
الصُّدُورِ لاَ فِي السُّطُورِ). Yang menjadi
khabar sebenarnya adalah muta’allaq-nya dzaraf atau jer-majrur. Muta’allaq
itu boleh kita kira-kirakan berupa fi’il, seperti (اِسْتَقَرَّ) dan (كاَنَ), sehingga khabarnya menjadi khabar
jumlah, atau dikira-kirakan berupa isim fa’il, sehingga khabarnya termasuk
khabar mufrad, dan itu adalah yang paling baik, karena asal dari khabar adalah
berupa mufrad.[6]
Dzaraf yang boleh dijadikan khabar adalah dzaraf makan
dari isim ma’ani, seperti (اَلْخَيْرُ اَمَامَكَ), dan isim a’yan,[7]
seperti (اَلْجَنَّةُ تَحْتَ اَقْدَامِ الْأُمَّهَاتِ). Adapun dzaraf zaman, maka tidak
diperbolehkan dijadikan khabar, kecuali dari isim-isim ma’ani,
seperti (اَلسَّفَرُ غَداً وَ الْوُصُولُ بَعْدَ
غَدٍ), kecuali jika
didapatkan faidah dengan menjadikan khabar dzaraf zaman dari isim
a’yan, maka diperbolehkan, seperti (اَللَّيْلَةَ الْهِلاَلُ) dan (اَلْيَومَ خَمْرٌ وَ غَداَ
اَمْرٌ).
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 263
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 263
[3] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 264
[4] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 264
[5] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265
[6] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265
[7] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265
No comments:
Post a Comment