Khabar wajib didahulukan atas mubtada’ di empat tempat,[1]
a.
Mubtada’
berupa isim nakirah ghairu mufidah yang dikhabari dengan dzaraf atau
jer-majrur, (فِي الدَّارِ رَجُلٌ) dan (عِنْدَكَ ضَيْفٌ).
b.
Khabar
berupa isim istifham atau diidlafahkan pada isim istifham,
seperti (كَيْفَ حَالُكَ ؟) dan (اِبْنُ مَنْ اَنْتَ).
c.
Ada
dlamir yang kembali kepada khabar yang dlamir itu muttashil dengan
mubtada’, seperti (فِي الدَّارِ صَاحِبُهاَ).
d.
Khabar
diringkas dalam mubtada’, yaitu ketika mubtada’ bersamaan dengan (اِلاَّ), baik dalam pelafalan, (ماَ خَالِقٌ اِلاَّ اللهُ), atau makna, seperti (اِنَّماَ مَحْمُودٌ مَنْ
يَجْتَهِدُ).
No comments:
Post a Comment