‘Alam mufrad dii’rabi sesuai dengan tuntutan kalam, yaitu rafa’,
nashab atau jer,[1]
seperti (جَاءَ زُهَيْرٌ),
(رَأَيْتُ زُهَيْراً)
dan (مَرَرْتُ بِزُهَيْرٍ).
‘Alam murakkab idlafi, juz pertamanya dii’rab sesuai yang dituntut oleh
kalam dan juz keduanya dibaca jer dengan idlafah.[2]
‘Alam murakkab
mazji, maka juz pertamanya difathah untuk selamanya dan juz keduanya jika
tidak berupa (وَيْهِ)
maka dirafa’ dengan dlammah dan dinashab dan dijerkan dengan fathah, karena dia
tercegah dari tanwin sharfi sebab sifat ‘alam dan tarkib
mazji, seperti (بَعْلَبَكُّ بَلْدَةٌ طَيِّبَةُ الْهَوَاءِ), (رَأَيْتُ بَعْلَبَكَّ) dan (سَافَرْتُ اِلَى
بَعْلَبَكَّ). Jika juz
keduanya berupa (وَيْهِ),
maka dimabnikan kasr untuk selamanya, dan dia ber-mahall rafa’ atau
nashab atau jer, seperti yang dituntut oleh tempatnya dalam jumlah,[3]
seperti (رُحِمَ سِيْبَوَيْهِ),
(رَحِمَ اللهُ سِيْبَوَيْهِ)
dan (رَحْمَةُ اللهِ عَلَى سِيْبَوَيْهِ).
‘Alam murakkab
isnadi, maka ditetapkan seperti keadaannya semula, sehingga dihikayahkan
pada lafalnya dalam semua keadaan, dan i’rabnya adalah taqdiri.[4]
Kita ucapkan, (جَاءَ جَادَ الْحَقُّ),
(رَأَيْتُ جَادَ الْحَقُّ)
dan (مَرَرْتُ بِجاَدَ الْحَقُّ).
‘Alam murakkab
‘adadi, seperti (خَمْسَةَ عَشَرَ),
dan yang diberlakukan seperti dia, seperti (حَيْضَ بَيْصَ) dan (بَيْتَ بَيْتَ) yang dijadikan nama, maka kita biarkan
kembniannya seperti keadaannya sebelum menjadi ‘alam, dan diperbolehkan
untuk mengi’rabinya dengan i’rabnya isim ghairu munsharif, seperti
adanya dia berupa ‘alam murakkab mazji, sehingga dia diberlakukan
seperti (بَعْلَبَكَّ).
Namun, yang pertama lebih baik.[5]
[1] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 114
[2] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[3] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[4] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[5] Jami’ al-Durus
al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
No comments:
Post a Comment