Sunday, April 8, 2018

ALAMAT I’RAB


Tanda atau alamat i’rab ada tiga, yaitu dengan harakat, huruf atau membuang. Tanda i’rab yang berupa huruf ada tiga, yaitu dlammah, fathah dan kasrah. Tanda i’rab yang berupa huruf ada empat, yaitu alif, nun, waw dan ya’. Dan tanda i’rab yang berupa membuang adalah adakalanya memutus harakat (atau dinamakan sukun) atau memutus huruf akhir atau memutus nun. Tanda atau alamatnya i’rab yang asal adalah menggunakan harakat, sedangkan tanda i’rab yang menggunakan huruf, maka hanya sebagai cabang.[1] Demikian itu dikarenakan dua alasan,[2]
a.    I’rab digunakan untuk menunjukkan pada nama (seperti fa’iliyyah, maf’uliyyah dan sebagainya), dan penunjukan itu dengan menggunakan harakat yang lebih sedikit adalah yang lebih ringan.
b.   Kalam terkadang disusun dari kalimah huruf, maka hal tersebut menuntut supaya tanda dari i’rabnya tidak menggunakan huruf.
I’rab rafa’ mempunyai empat tanda, yaitu: dlammah, waw, alif dan tetapnya nun. Dlammah adalah alamat rafa’ yang asal sedangkan yang lainnya adalah sebagai penggantinya.
I’rab nashab mempunyai lima alamat, yaitu fathah, alif, ya’, kasrah dan membuang nun. Dan fathah adalah alamat asal bagi i’rab nashab.
I’rab jer mempunyai tiga alamat, yaitu kasrah, ya’ dan fathah. Dan kasrah adalah alamat asal bagi i’rab jer.
I’rab jazem mempunyai tiga alamat, yaitu sukun, membuang huruf akhir dan membuang nun. Dan sukun adalah alamat asal bagi i’rab jazem.



[1] Tasywiq al-Khillan, hlm. 53
[2] Al-Fawaid al-Nahwiyyah, juz I, hlm. 56

No comments:

Post a Comment