Saturday, April 21, 2018

MASDAR PENGGANTI FI’ILNYA


Masdar yang menggantikan fi’ilnya adalah masdar yang disebutkan sebagai pengganti dari pelafalan fi’ilnya, yaitu ada tujuh macam, yaitu:[1]
a.       Masdar yang menempati tempatnya amar, (صَبْراً عَلَى الْأَذَى فِي الْمَجْدِ).
b.      Masdar yang menempati tempatnya nahi, (اِجْتِهاَداً لاَ كَسَلاً).
c.        Masdar yang menempati tempatnya do’a, (سَقْياً لَكَ وَ رَعْياً).
d.      Masdar yang jatuh setelah istifham yang menempati tempatnya taubikh atau ta’ajjub atau tawajju’, (اَجُرْأَةً عَلَى الْمَعاَصِي), (اَشَوقاً؟ وَ لَماَّ يَمْضِ لِي غَيْرُ لَيْلَةٍ * فَكَيْفَ اِذَا خَبَّ الْمَطِيَّ بِناَ عَشْراً) dan (اَسِجْناً وَ قَتْلاً وَ اشْتِياَقاً وَ غُرْبَةً * وَ نَأْيَ حَبِيْبٍ؟ اِنَّ ذَا لَعَظِيْمُ).
e.       Masdar yang sudah banyak didengar penggunaannya dan ada qarinah-qarinah yang menunjukkannya, sehingga masdar-masdar itu menjadi seperti kalam matsal, seperti (سَمْعاً وَ طاَعَةً).
f.         Masdar yang menjadi pen-tafshil bagi sesuatu yang masih global sebelumnya, dan menjadi penjelas bagi akibatnya, seperti (فَشُدُوا الْوَثَاقَ فَإِماَّ مَناًّ بَعْدُ وَ اِماَّ فِداَءً).
g.      Masdar yang mentaukidi pada kandungannya jumlah sebelumnya, baik masdar itu didatangkan murni untuk taukid, seperti (لَكَ عَلَيَّ الْوَفَاءُ بِالْعَهْدِ حَقاًّ), atau untuk mentaukidi perkara yang menolak keinginan majaz, seperti (هُوَ اَخِي حَقاًّ).
Semua masdar yang menjadi pengganti fi’ilnya harus dibuang amil-nya, seperti yang telah kalian lihat, dan tidak boleh untuk menyebutkan amil-nya, karena masdar itu didatangkan untuk menjadi pengganti dari fi’ilnya.



[1] Fath Ghafir al-Khathiyyah, hlm. 52

No comments:

Post a Comment