Sunday, April 8, 2018

TEMPAT MEMBERI FA’ JAWAB


Asal pada jawab adalah harus seperti fi’il syarat-nya, artinya jawab pantas bila menjadi syarat. Akan tetapi, terkadang ada lafal yang tidak pantas menjadi syarat jatuh sebagai jawab, sehingga jawab harus diberi fa’ jawab. Diwajibkan untuk menghubungkan jawab-nya syarat dengan fa’, di dua belas tempat, yaitu:[1]
a.    Jawab berupa jumlah ismiyyah, (وَ اِنْ يَمْسَسْكَ بِخَيْرٍ فَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ).
b.   Jawab berupa fi’il jamid, (اِنْ تَرَنِي اَناَ اَقَلَّ مِنْكَ مَالاً وَ وَلَداً فَعَسَى رَبِّي اَنْ يُؤْتِيَنِي خَيْراً مِنْ جَنَّتِكَ).
c.    Jawab berupa fi’il thalabi, artinya berupa amar atau nahi, (قُلْ اِنْ كُنْتُمْ تُحِبُّونَ اللهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللهُ).
d.   Jawab berupa fi’il madli, baik lafdzi maupun maknanya, dengan demikian maka diwajibkan untuk memberinya (قَدْ) yang terlihat, (اِنْ يَسْرقْ فَقَدْ سَرَقَ اَخٌ لَهُ مِنْ قَبْلُ), atau dikira-kirakan, (اِنْ كَانَ قَمِيْصُهُ قُدَّ مِنْ قُبُلٍ فَصَدَقَتْ).
e.    Jawab disertai (قَدْ), (اِنْ تَذْهَبْ فَقَدْ اَذْهَبْ).
f.     Jawab disertai (ماَ) nafi, (فَإِنْ تَوَلَّيْتُمْ فَماَ سَأَلْتُكُمْ عَلَيْهِ مِنْ اَجْرٍ).
g.   Jawab disertai (لَنْ), (وَ ماَ تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَلَنْ تُكْفَرُوهُ).
h.   Jawab disertai siin, (وَ مَنْ يَسْتَنْكِفْ عَنْ عِبَادَتِهِ وَ يَسْتَكْبِرْ فَسَيَحْشُرُهُمْ اِلَيْهِ جَمِيْعاً).
i.     Jawab disertai (سَوفَ), (وَ اِنْ خِفْتُمْ عِيْلَةً فَسَوفَ يُغْنِيكُمُ اللهُ مِنْ فَضْلِهِ).
j.     Jawab diawali dengan (رُبَّ), (اِنْ تَجِيءْ فَرُبَّماَ اَجِيءْ).
k.    Jawab diawali dengan (كَأَنَّماَ), (اِنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْساً بِغَيْرِ نَفْسٍ اَو فَسَادٍ فِي الأَرْضِ فَكَأَنَّماَ قَتَلَ النَّاسَ جَمِيْعاً).
l.     Jawab diawali dengan perabot syarat, (وَ اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكَ اِعْرَاضُهُمْ فَإِنِ اسْتَطَعْتَ اَنْ تَبْتَغِيَ نَفَقاً فِي الْأَرْضِ اَو سُلَّماً فِي السَّمَاءِ فَتَأْتِيَهُمْ بِآيَةٍ).
Jika jawab pantas bila menjadi syarat, maka tidak ada hajat lagi pada menghubungkannya dengan fa’, karena diantara syarat dan jawab sudah ada kesesuaian yang bersifat lafdzi, kecuali jika jawab berupa fi’il mudlari’ yang mutsbat atau dinafikan dengan (لاَ), maka diperbolehkan memberinya fa’ atau tidak memberinya, dan membuang fa’ adalah yang paling banyak berlakunya, seperti (اِنْ تَعُودُوْا نَعُدْ), dan yang memberinya fa’ adalah seperti (وَ مَنْ عَادَ فَيَنْتَقِمُ اللهُ مِنْهُ) dan (فَمَنْ يُؤْمِنْ بِرَبِّهِ فَلاَ يَخَافُ بَخْساً وَ لاَ رَهَقاً).



[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II hlm. 192-193

No comments:

Post a Comment