Monday, April 9, 2018

HUKUM ISIMNYA (كَانَ) DAN KHABARNYA


Semua hukum yang ada pada fa’il dan macam-macamnya, diberikan kepada isimnya (كَانَ) dan sesamanya, karena isimnya (كَانَ) dan sesamanya memiliki hukum seperti hukumnya fa’il.[1] Dan semua hukum yang dimiliki oleh khabarnya mubtada’ dan macam-macamnya, maka diberikan kepada khabarnya (كَانَ) dan sesamanya, hanya saja khabarnya (كَانَ) dan sesamanya dibaca nashab, karena dia menyerupai maf’ul bih.
Jika khabarnya (كَانَ) dan sesamanya berupa jumlah fi’liyyah, maka kebanyakan berupa fi’il mudlari’, namun terkadang berupa fi’il madli yang jatuh setelah (كَانَ), (اَمْسَ), (اَضْحَى), (ظَلَّ), (بَاتَ) dan (صَارَ). Dan kebanyakan jika fi’ilnya berupa fi’il madli, maka diberi (قَدْ),[2] seperti dalam syair,
فَأَصْبَحُوا قَدْ اَعاَدَ اللهُ نِعْمَتَهُمْ  *  اِذْ هُمْ قُرَيْشٌ وَ اِذْ ماَ مِثْلُهُمْ اَحَدُ
Namun, terkadang dikosongkan dari (قَدْ), dan kebanyakan itu terjadi ketika menjadi khabarnya fi’il syarat, (اِنْ كَانَ كَبُرَ عَلَيْكُمْ مَقَامِي).
Mendahulukan Dan Mengakhirkan Isim Dan Khabarnya (كَانَ)
Hukum asal bagi isimnya fi’il naqish adalah menyertai fi’il naqish, kemudian disusul oleh khabarnya. Namun, terkadang kejadian itu dibalik, sehingga khabar didahulukan atas isimnya, seperti (وَ كاَنَ حَقاًّ عَلَيْناَ نَصْرُ الْمُؤْمِنِيْنَ). Diperbolehkan untuk mendahulukan khabar atas (كَانَ) dan isimnya secara bersamaan, kecuali (لَيْسَ) dan yang diawali dengan (ماَ) nafi atau (ماَ) masdariyyah, sehingga diucapkan (مُصْحِيَّةً كَانَتِ السَّماَءُ), dan tidak boleh diucapkan (جَاهِلاً لَيْسَ سَعِيْدٌ), (كَسُولاً ماَ زَالَ سَلِيْمٌ) dan (اَقِفُ وَاقِفاً ماَ دَامَ خَالِدٌ). Dan sebagian ulama’ telah memperbolehkannya diselain (ماَ دَامَ). Adapun men-dahulukan ma’mul-nya khabarnya (كَانَ) atas (كَانَ), maka juga diperbolehkan, seperti diperbolehkannya mendahulukan khabar, seperti (وَ اَنْفُسَكُمْ كاَنُوا يَظْلِمُونَ). Perlu diketahui, bahwa hukum isimnya fi’il naqish dan khabarnya dalam didahulukan dan diakhirkan adalah seperti hukumnya mubtada’ dan khabarnya, karena keduanya pada asalnya adalah mubtada’ dan khabar.


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 277
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 278

No comments:

Post a Comment