Monday, April 9, 2018

KHABAR YANG BEBARENGAN (اَنْ)


Khabar Yang Bebarengan (اَنْ)
(كَادَ) dan sesamanya, dari segi terbarenginya khabar dengan (اَنْ) atau tidak, terbagi menjadi tiga, yaitu:[1]
1)      Yang wajib khabarnya bebarengan dengan (اَنْ), yaitu ada dua, (حَرَى) dan (اِخْلَوْلَقَ), dari af’alul raja’.
2)      Yang wajib untuk dikosongkan dari (اَنْ), yaitu af’alul syuru’.
3)      Diperbolehkan dua wajah, yaitu dibarengi (اَنْ) atau tidak, yaitu af’alul muqarabah dan (عَسَى) dari af’alul raja’, namun kebanyakan dalam (عَسَى) dan (اَوْشَكَ) adalah khabarnya dibarengi (اَنْ), seperti (عَسَى رَبُّكُمْ اَنْ يَرْحَمَكُمْ) dan syair,
وَ لَوْ سَئِلَ النَّاسُ التُّرَابَ لَأَوْشَكُوا * اِذَا قِيْلَ هَاتُوا اَنْ يَمَلُّوا وَ يَمْنَعُوْا
 Dan mengosongkan khabar darinya adalah qalil,
عَسَى الْكَرْبُ الَّذِي اَمْسَيْتُ فِيْهِ * يَكُونُ وَرَاءَهُ فَرَجٌ قَرِيْبٌ
Kebanyakan dalam (كاَدَ) dan (كَرَبَ) adalah khabarnya di-kosongkan dari (اَنْ), seperti (فَذَبَحُوهاَ وَ ماَ كَادُوا يَفْعَلُونَ) dan,
كَرَبَ الْقَلْبُ مِنْ جَوَاهُ يَذُوْبُ * حِيْنَ قَالَ الْوُشَاةُ هِنْدٌ غَضُوْبٌ
 Bebarengannya khabar dengan (اَنْ) adalah qalil, seperti (كَادَ الْفَقْرُ اَنْ يَكُونَ كُفْراً).
Hukum Khabar yang Bebarengan (اَنْ) dan Dikosongkan Darinya
 Jika khabar yang bebarengan (اَنْ) adalah seperti (اَوْشَكَتِ السَّماَءُ اَنْ تُمْطِرَ) dan (عَسَى الصَّدِيْقُ اَنْ يَحْضُرَ), maka fi’il mudlari’ itu sendiri yang menjadi khabar, namun yang menjadi khabar-nya adalah masdarnya yang dita’wil dengan (اَنْ), sehingga penakdirannya menjadi (اَوْشَكَتِ السَّماَءُ ذَا مَطَرٍ) dan (عَسَى الصَّدِيْقُ ذَا حُضُوْرٍ), akan tetapi tidak diperbolehkan untuk men-sharih-kan dengan khabar yang mu’awwal itu, karena khabarnya tidak boleh dengan lafal isim. Dan jika khabar tidak bebarengan dengan (اَنْ), seperti (اَوْشَكَتِ السَّماَءُ تَمْطِرُ), maka yang menjadi khabarnya adalah jumlah itu, dan jumlah itu dibaca nashab mahall-nya sebagai khabar.[2]


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 288
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 289

No comments:

Post a Comment