Sunday, April 8, 2018

MUBTADA’-KHABAR


Mubtada’ dan khabar adalah dua isim yang dari kedua-nya terbentuklah jumlah ismiyyah, seperti (اَلْحَقُّ مَنْصُوْرٌ). Perbedaan mubtada’ dan khabar adalah kalau mubtada’ adalah sesuatu yang dikabarkan (mukhbar ‘anhu), sedangkan khabar adalah sesuatu yang digunakan untuk mengabarkan (mukhbar bih).[1]
Mubtada’ adalah musnad ilaih yang tidak didahului oleh ‘amil lafdzi. Dan Khabar adalah lafal yang disandarkan kepada mubtada’ yang dengan khabar tersebut mubtada’ bisa menyempurnakan faidah. Jumlah yang tersusun dari mubtada’ dan khabar disebut dengan Jumlah Ismiyyah.[2]
Hukum Mubtada’
Hukum yang dimiliki oleh mubtada’ adalah:[3]
a.       Wajib dibaca rafa’ dengan amil berupa ‘amil ma’nawi ibtida’. Namun, terkadang mubtada’ dijerkan dengan ba’ atau (مِنْ) yang keduanya adalah zaidah, atau dijerkan dengan (رُبَّ) yang merupakan huruf jer yang menyerupai zaidah, seperti (بِحَسْبِكَ اللهُ), (هَلْ مِنْ خَالِقٍ غَيْرُ اللهِ يَرْزُقُكُمْ ؟) dan (ياَ رُبَّ كاَسِيَةٍ فِي الدُّنْياَ عاَرِيَةٌ يَزمَ الْقِيَامَةِ).
b.     Wajib berupa isim ma’rifat, seperti (مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللهِ), atau berupa isim nakirah yang bisa memberikan faidah, seperti (مَجِلِسُ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ خَيْرٌ مِنْ عِباَدَةِ سَبْعِيْنَ سَنَةً).
Isim nakirah bisa memberikan faidah dengan salah satu dari empat belas syarat, yaitu:
1)      Dengan diidlafahkan secara pelafalannya, (خَمْسُ صَلَوَاتٍ كَتَبَهُنَّ اللهُ), atau makna, (كُلٌّ يَمُوتُ) yang artinya (كُلُّ اَحَدٍ).
2)      Dengan sifat secara pelafalan, seperti (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ), atau dikira-kirakan, seperti (شَرٌّ اَهَرُّ ذَا نَابٍ) artinya (شَرٌّ عَظِيْمٌ), atau secara maknaya yaitu dengan sekiranya isim nakirah itu di-tasghir-kan, seperti (رُجَيْلٌ عِنْدَناَ) artinya (رَجُلٌ حَقِيْرٌ), karena tasghir pada lafal itu adalah makna sifat.
3)      Ketika Khabarnya isim nakirah itu berupa dzaraf atau jer-majrur yang mendahuluinya, seperti (وَ فَوقَ كُلِّ ذِي عِلْمٍ عَلِيْمٌ وَ لِكُلِّ اَجَلٍ كِتاَبٌ).
4)      Isim nakirah itu jatuh setelah nafi atau istifham atau (لَولاَ) atau (اِذاً) fuja’iyyah, seperti (ماَ اَحَدٌ عِنْدَناَ), (أَإِلَهٌ مَعَ اللهِ ؟), (لَولاَ اصْطِباَرُ لأَوْدَى كُلُّ ذِي مِقَةٍ * لَماَّ اسْتَقَلَّتْ مَطاَيَاهُنَّ لِلظَّعْنِ) dan (خَرَجْتُ فَإِذاً اَسَدٌ رَابِضٌ).
5)      Isim nakirah itu bisa beramal, seperti (إِعْطاَءٌ قِرْشاً فِي سَبِيْلِ الْعِلْمِ يَنْهَضُّ بِالْأَماَنَةِ). Lafal (إِعْطَاءٌ) beramal menashabkan (قِرْشاً) yang menjadi maf’ul bih.
6)      Isim nakirah itu berupa isim mubham, seperti berupa isim syarat, istifham, (ماَ) ta’ajjubiyyah dan (كَمْ) khabariyyah, seperti (مَنْ يَجْتَهِدْ يُفْلِحْ), (مَنْ مُجْتَهِدٌ ؟ وَ كَمْ عِلْماً فِي صَدْرِكَ ؟), (ماَ اَحْسَنَ الْعِلْمَ) dan (كَمْ مَأْثَرَةٍ لَكَ!).
7)      Isim nakirah itu berfaidah untuk do’a dengan kebaikan atau kejelekan, seperti (سَلاَمٌ عَلَيْكُمْ) dan (وَيْلٌ لِلْمُطَفِّفِيْنَ).
8)      Isim nakirah itu sebagai pengganti dari maushuf atau lafal yang disifati, seperti (عاَلِمٌ خَيْرٌ مِنْ جَاهِلٍ) yang artinya adalah (رَجُلٌ عَالِمٌ).
9)      Isim nakirah itu menjadi permulaan jumlah haaliyyah yang dihubungkan dengan waw atau dengan tanpa waw, seperti syair,
سَرَيْناَ وَ نَجْمُ قَدْ اَضَاءَ فَمُذْ بَداَ  *  مُحْيَاكَ اَخْفَى ضَوءُهُ كُلَّ شَارِقِ
Dan syair,
اَلذِّئْبُ يَطْرُقُهاَ فِي الدَّهْرِ وَاحِدَةً  *  وَ كُلَّ يَومٍ تَرَانِي مُدْيَةٌ بِيَدَيَّ
10) Jika yang diinginkan dengan isim nakirah tersebut adalah untuk tanwi’, artinya memerinci atau membagi, seperti perkataan Imri’il Qays,
فَأَقْبَلْتُ زَحْفاً عَلَى الرُّكْبَتَيثْنِ  *  فَثَوبٌ لَبِسْتُ وَ ثَوبٌ اَجُرّ
11) Isim nakirah di’athafkan kepada isim ma’rifat atau ada isim ma’rifat yang di’athafkan kepada isim nakirah tersebut, (خَالِدٌ وَ رَجُلٌ يَتَعَلَّماَنِ الْبَيَانَ) dan (رَجُلٌ وَ خَالِدٌ يَتَعَلَّماَنِ الْبَيَانَ).
12) Isim nakirah di’athafkan kepada isim nakirah yang disifati atau ada isim nakirah yang disifati di’athafkan kepada isim nakirah tersebut, (قَولٌ مَعْرُوفٌ وَ مَغْفِرَةٌ خَيْرٌ مِنْ صَدَقَةٍ يَتْبَعُهاَ اَذًى) dan (طَاعَةٌ وَ قَولٌ مَعْرُوفٌ اَمْثَلُ مِنْ غَيْرِهِماَ).
13) Jika yang diinginkan dengan isim nakirah tersebut adalah hakikat dari jenisnya bukan person-person dari jenisnya, seperti (رَجُلٌ اَقْوَى مِنِ امْرَأَةٍ).
14) Jika isim nakirah tersebut menjadi jawab, seperti (رَجُلٌ) yang menjadi jawabnya orang yang berkata, (مَنْ عِنْدَكَ).
Imam Sibaweh dan para ulama’ terdahulu tidak mensyaratkan kebolehan membuat mubtada’ dari isim nakirah kecuali hanya bisa didapatkannya faidah. Jadi, semua isim nakirah yang bisa memberikan faidah, maka sah bila dijadikan mubtada’.[4] Oleh karenanya, tidak diperbolehkan membuat mubtada’ dengan isim nakirah yang disifati atau isim nakirah yang khabarnya berupa dzaraf atau jer-majrur yang didahulukan dari isim nakirah itu, jika dia tidak bisa memberikan faidah. Sehingga, tidak boleh jika diucapkan (رَجُلٌ مِنَ النَّاسِ عِنْدَناَ) dan tidak juga (لِإِنْسَانٍ ثَوْبٌ), karena tidak dapat memberikan faidah, karena sifat pada contoh pertama dan pendahuluan khabar pada contoh kedua tidak berfaidah pada takhshish, karena keduanya tidak bisa memperkecil dari keumuman isim nakirah.
c.      Boleh dibuang jika ada yang menunjukkan kepadanya, seperti kita mengucapkan (كَيْفَ سَعِيْدٌ؟) lalu dijawab (مُجْتَهِدٌ) penakdiran (هُوَ مُجْتَهِدٌ).
d.    Wajib membuang mubtada’ di empat tempat, yaitu :[5]
1)      Jika jawab-nya qasam menunjukkan kepada mubtada’, seperti (فِي ذِمَّتِي لَأَفْعَلَنَّ كَذَا), artinya (فِي ذِمَّتِي عَهْدٌ اَو مِيْثَاقٌ).
2)      Jika khabarnya mubtada’ berupa masdar yang menjadi pengganti dari fi’ilnya, seperti (صَبْرٌ جَمِيْلٌ) yang ditakdirkan (صَبْرِي صَبْرٌ جَمِيْلٌ).
3)      Jika khabarnya dikhususkan dengan pujian atau hinaan setelah (نِعْمَ) dan (بِئْسَ) yang diakhirkan dari keduanya, seperti (نِعْمَ الرَّجُلُ اَبُو طَالِبٍ) dan (بِئْسَ الرَّجُلُ اَبُو لَهَبٍ). Lafal (اَبُو) pada kedua contoh tersebut adalah khabarnya mubtada’ yang dibuang dengan penakdiran (هُوَ).
4)      Jika pada asalnya mubtada’ tersebut berupa na’at yang diputus dari sifat kena’atannya dalam pujian atau hinaan atau berbelas kasihan, (خُذْ بِيَدِ زُهَيْرٍ الْكَرِيْمُ), (دَعْ مُجَالَسَةَ فُلاَنٍ اللَّئِيْمُ) dan (اَحْسِنْ اِلَى فُلاَنٍ الْمِسْكِيْنُ). Pada contoh-contoh tersebut mubtada’ wajib dibuang dengan ditakdirkan dengan (هُوَ الْكَرِيْمُ), (هُوَ اللَّئِيْمُ) dan (هُوَ الْمِسْكِيْنُ).
e.      Hukum asalnya mubtada’ adalah disebutkan sebelum khabar, tetapi terkadang mubtada’ wajib diakhirkan dan terkadang diperbolehkan kedua perkara.


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 253
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 253
[3] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 254-257
[4] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 257
[5] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 258

No comments:

Post a Comment