Tuesday, April 10, 2018

HURUF YANG MENYERUPAI FI’IL


Kalimah huruf yang menyerupai kalimah fi’il ada enam, yaitu: (إِنَّ), (أَنَّ), (لَيْتَ), (كَأَنَّ), (لَكِنَّ) dan (لَعَلَّ).[1] Hukum dari huruf-huruf tersebut adalah bisa masuk ke dalam mubtada’ dan khabar yang kemudian menjadikan mubtada’ dibaca nashab untuk menjadi isimnya dan khabarnya dibaca rafa’ untuk menjadi khabarnya, seperti (اِنَّ اللهَ رَحِيْمٌ).
Dinamakan huruf yang menyerupai kalimah fi’il karena huruf terakhirnya huruf-huruf tersebut difathah, seperti fi’il madli, dan wujudnya makna fi’il pada masing-masing dari huruf tersebut, karena taukid, tasybih, istidrak, tamanni dan tarajji adalah termasuk makna-makna yang terdapat dalam kalimah fi’il.
Maknanya huruf yang menyerupai kalimah fi’il:[2]
1)      (إِنَّ) dan (أَنَّ) bermakna taukid, sehingga keduanya mentaukidi persifatannya musnad ilaih dengan musnad, seperti lafal, (اِنَّ زَيْداً مُجْتَهِدٌ) dan lafal, (بِأَنَّ زَيْداً مُسْتَقِيْمٌ).
2)      (كَأَنَّ) bermakna tasybih taukid, karena lafal itu tersusun dari (اِنَّ) dan kaf huruf tasybih, sehingga ketika kita mengucapkan (كَأَنَّ الْعِلْمَ نُورٌ), maka asalnya adalah (اِنَّ الْعِلْمَ كاَلنُّورِ), kemudian ketika orang-orang Arab ingin lebih mementingkan penyerupaan yang mereka telah membuat kalimat untuknya, maka mereka mendahulukan kaf dan memfathah hamzah (اِنَّ) pada tempatnya kaf, yang merupakan huruf jer, dan kemudian keduanya menjadi satu huruf yang untuk tasybih.  
3)      (لَيْتَ) bermakna tamanni, yaitu mengharapkan sesuatu yang tidak mungkin terjadinya atau sulit terealisasikan, seperti orang tua mengatakan (اَلاَ لَيْتَ الشَّبَابَ يَعُودُ يَوماً) dan (لَيْتَ لِي قِنْطاَراً مِنَ الذَّهَبِ). Terkadang (لَيْتَ) digunakan pada sesuatu yang mungkin terjadinya tetapi qalil hukumnya, (لَيْتَكَ تَذْهَبُ).
4)      (لَكِنَّ) bermakna istidrak, yaitu mendampingi kalam dengan suatu lafal untuk menghilangkan suatu perkara yang disangka tidak ada, seperti (زَيْدٌ قَائِمٌ لَيْلاً لَكِنَّهُ غَيْرُ صَالِحٍ).
Demikian itu karena biasanya orang yang melakukan shalat malam adalah orang yang shaleh, sehingga ketika kita mensifati Zaid dengan orang yang melakukan shalat malam, maka terkadang dipaham kalau dia adalah orang yang shaleh juga. Oleh karenanya, kita menyambungnya dengan (لَكِنَّهُ غَيْرُ صَالِحٍ). Atau bermakna taukid, seperti (لَوْ جاَءَنِي خَلِيْلٌ لَأَكْرَمْتُهُ لَكِنَّهُ لَمْ يَجِيءْ). Sehingga, perkataan kita (لَوْ جاَءَنِي خَلِيْلٌ لَأَكْرَمْتُهُ) dapat dipaham darinya kalau Khalil tidak hadir, dan perkataan (لَكِنَّهُ لَمْ يَجِيءْ) adalah sebagai pengukuh ketidak-hadirannya itu.
5)      (لَعَلَّ) bermakna tarajji dan tawaqqu’. Arti dari Tarajji adalah mengharapkan sesuatu yang disukai, seperti (لَعَلَّ الصَّدِيْقَ قَادِمٌ).
Sedangkan Tawaqqu’ adalah mengharapkan terjadinya perkara yang dibenci, seperti (لَعَلَّ زَيْداً هاَلِكٌ). (لَعَلَّ) hanya digunakan pada sesuatu yang mungkin terjadinya. Namun, terkadang (لَعَلَّ) bermakna (كَيْ) untuk ta’lil, (اِبْعَثْ اِلَيَّ بِدَابَّتِكَ لَعَلِّيْ اَرْكَبُهاَ). Terkadang juga bermakna (ظَنَّ), seperti (لَعَلِّي اَزُورُكَ الْيَوْمَ) yang maknanya adalah (اَظُنَّنِي اَزُوْرُكَ). Atau bermakna (عَسَى), (لَعَلَّكَ اَنْ تَجْتَهِدَ) dengan petunjuknya masuknya (اَنْ) pada khabarnya, seperti masuknya (اَنْ) pada khabarnya (عَسَى).


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 298
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 298-300

No comments:

Post a Comment