Sunday, April 8, 2018

I’RABNYA ISIM ‘ALAM


‘Alam mufrad dii’rabi sesuai dengan tuntutan kalam, yaitu rafa’, nashab atau jer,[1] seperti (جَاءَ زُهَيْرٌ), (رَأَيْتُ زُهَيْراً) dan (مَرَرْتُ بِزُهَيْرٍ). ‘Alam murakkab idlafi, juz pertamanya dii’rab sesuai yang dituntut oleh kalam dan juz keduanya dibaca jer dengan idlafah.[2]
Alam murakkab mazji, maka juz pertamanya difathah untuk selamanya dan juz keduanya jika tidak berupa (وَيْهِ) maka dirafa’ dengan dlammah dan dinashab dan dijerkan dengan fathah, karena dia tercegah dari tanwin sharfi sebab sifatalam dan tarkib mazji, seperti (بَعْلَبَكُّ بَلْدَةٌ طَيِّبَةُ الْهَوَاءِ), (رَأَيْتُ بَعْلَبَكَّ) dan (سَافَرْتُ اِلَى بَعْلَبَكَّ). Jika juz keduanya berupa (وَيْهِ), maka dimabnikan kasr untuk selamanya, dan dia ber-mahall rafa’ atau nashab atau jer, seperti yang dituntut oleh tempatnya dalam jumlah,[3] seperti (رُحِمَ سِيْبَوَيْهِ), (رَحِمَ اللهُ سِيْبَوَيْهِ) dan (رَحْمَةُ اللهِ عَلَى سِيْبَوَيْهِ).
Alam murakkab isnadi, maka ditetapkan seperti keadaannya semula, sehingga dihikayahkan pada lafalnya dalam semua keadaan, dan i’rabnya adalah taqdiri.[4] Kita ucapkan, (جَاءَ جَادَ الْحَقُّ), (رَأَيْتُ جَادَ الْحَقُّ) dan (مَرَرْتُ بِجاَدَ الْحَقُّ).
Alam murakkab ‘adadi, seperti (خَمْسَةَ عَشَرَ), dan yang diberlakukan seperti dia, seperti (حَيْضَ بَيْصَ) dan (بَيْتَ بَيْتَ) yang dijadikan nama, maka kita biarkan kembniannya seperti keadaannya sebelum menjadi ‘alam, dan diperbolehkan untuk mengi’rabinya dengan i’rabnya isim ghairu munsharif, seperti adanya dia berupa ‘alam murakkab mazji, sehingga dia diberlakukan seperti (بَعْلَبَكَّ). Namun, yang pertama lebih baik.[5]



[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 114
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[3] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[4] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115
[5] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz 1 hlm. 115

No comments:

Post a Comment