Sunday, April 8, 2018

KEWAJIBAN MENDAHULUKAN MUBTADA’


Asal dari mubtada’ didahulukan dan asal dari khabar adalah diakhirkan, namun kadang mubtada’ wajib didahulukan, yaitu di enam tempat, yaitu:[1]
a.       Mubtada’ berupa isim yang haknya isim tersebut berada diawal, seperti isim syarat, (مَنْ يَتَّقِ اللهَ يُفْلِحْ), atau isim istifham, (مَنْ جَاءَ؟), atau (ماَ) ta’ajjubiyyah, (ماَ اَحْسَنَ الْفَضِيْلَةَ!), atau (كَمْ) khabariyyah, (كَمْ كِتاَبٍ عِنْدِي!).
b.     Mubtada’ berupa isim yang menyerupai isim syarat, seperti (اَلَّذِي يَجْتَهِدُ فَلَهُ جَائِزَةٌ).
c.      Mubtada’ diidlafahkan kepada isim yang hak dari isim tersebut adalah berada dipermulaan kalam, (غُلاَمُ مَنْ مُجْتَهِدٌ؟).
d.    Mubtada’ dibarengi dengan lam taukid (yaitu yang dinamakan dengan lam ibtida’), seperti (لَعَبْدٌ مُؤْمِنٌ خَيْرٌ مِنْ مُشْرِكٍ).
e.      Jika masing-masing dari mubtada’ dan khabar berupa isim ma’rifat atau isim nakirah, dan disitu tidak terdapat qarinah yang mewajibkan pada salah satunya, sehingga mubtada’ didahulukan karena mengkhawatirkan terjadinya kesamaran musnad dengan musnad ilaih, (اَخُوكَ عَلِيٌّ) jika yang diinginkan adalah mengabarkan saudara laki-laki, dan (عَلِيٌّ اَخُوكَ) jika yang diinginkan adalah mengabarkan Ali.
f.       Mubtada’ diringkas dalam khabar, yaitu sekiranya khabar bebarengan dengan (اِلاَّ) secara lafdzi, seperti (وَ ماَ مُحَمَّدٌ اِلاَّ رَسُولٌ), atau makna, seperti (اِنَّماَ اَنْتَ نَذِيْرٌ).


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 266

No comments:

Post a Comment