Sunday, April 8, 2018

KEMABNIAN DAN KEMU’RABAN KALIMAH FI’IL


Fi’il mudlari’ ketika tersusun dalam jumlah, maka adakalanya dibaca rafa’ atau nashab atau jazem. Alamat rafa’ fi’il mudlari’ adalah dlammah yang terlihat, seperti (يَفُوزُ الْمُتَّقُونَ) atau dikira-kirakan, seperti (يَخْشَى الْعاَقِلُ رَبَّهُ). Alamat nashabnya fi’il mudlari’ adalah fathah yang terlihat, seperti (لَنْ اَقُولَ اِلاَّ الْحَقَّ) atau dikira-kirakan, seperti (لَنْ اَخْشَى اِلاَّ اللهَ). Dan alamat jazemnya adalah dengan sukun, seperti (لَمْ يَلِدْ وَ لَمْ يُوْلَدْ).
Fi’il mudlari’ dii’rabi ketika rafa’ dengan dlamah, nashab dengan fathah dan jazem dengan sukun adalah ketika fi’il tersebut shahih akhir dan huruf akhirnya tidak bertemu dengan apapun (yaitu alif tatsniyyah, waw jama’ atau ya’ mu’annats mukhathabah). Dan jika berupa fi’il yang mu’tal akhir yang huruf akhirnya tidak bertemu dengan apapun, maka ketika jazem dialamati dengan membuang huruf akhirnya, seperti (لَمْ يَسْعَ) yang asalnya adalah (يَسْعَى). Ketika huruf akhirnya bertemu dengan dlamir alif tatsniyyah, waw jama’ atau ya’ mu’annats mukhathabah, maka fi’il itu dii’rabi dengan huruf, yaitu dengan nun ketika rafa’, seperti (يَكْتُباَنِ وَ يَكْتُبُونَ وَ تَكْتُبِيْنَ), dan dengan membuang nun ketika nashab dan jazem, (اِنْ يَلْزَمُوا مَعْصِيَةَ اللهِ فَلَنْ يَفُوزُوا بِرِضَاهُ).[1]



[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II hlm. 165

No comments:

Post a Comment