Monday, April 9, 2018

PEMBAGIAN KHABAR


Khabar terbagi menjadi dua, yaitu Khabar Mufrad dan Khabar Jumlah.
a.   Khabar Mufrad
Khabar Mufrad adalah khabar yang tidak berupa jumlah, meskipun khabar itu berupa tatsniyyah atau jumlah, (المُجْتَهِدُ مَحْمُودٌ), (المُجْتَهِداَنِ مَحْمُودَانِ) dan (المُجْتَهِدُونَ مَحْمُودُونَ).
Khabar Mufrad terbagi menjadi dua, yaitu:[1]
1)    Khabar Jamid, yaitu khabar yang didalamnya tidak terdapat makna sifat, seperti (هَذَا حَجَرٌ).
Khabar jamid tidak mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, kecuali jika khabar itu bermakna musytaq, maka bisa mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, seperti (عَلِيٌّ اَسَدٌ). Karena lafal (اَسَدٌ) pada contoh itu bermakna (شُجَاعٌ) dan sama dengannya dalam hal mengandung dlamir mustatir dengan penakdiran (هُوَ) yang kembali kepada (عَلِيٌّ), yaitu dlamirnya fa’il.
Para ulama’ Kuffah telah berpendapat bahwa khabar jamid mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, meskipun dia tidak bermakna musytaq. Jadi, ketika kita mengucapkan (هَذَا حَجَرٌ), maka (حَجَرٌ) mengandung dlamir yang kembali kepada isim isyarah dengan penakdiran (هُوَ), artinya (هَذَا حَجَرٌ هُوَ), dan perkataan mereka tidaklah jauh dari kebenaran.
2)    Khabar Musytaq, yaitu khabar yang didalamnya terdapat maknanya sifat, (زُهَيْرٌ مُجْتَهِدٌ). Khabar Musytaq mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, kecuali ketika khabar tersebut merafa’kan isim dzahir maka khabar itu tidak mengandung dlamir, seperti (زُهَيْرٌ مُجْتَهِدٌ اَخُوهُ).
Khabar yang mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, maka wajib adanya kesesuaian antara khabar dengan mubtada’, dalam mufrad, tatsniyyah, jama’, mudzakar dan mu’annats,[2] seperti (عَلِيٌّ مُجْتَهِدٌ), (فاَطِمَةُ مُجْتَهِدَةٌ), (التِّلْمِيْذَانِ مُجْتَهِداَنِ), (التِّلْمِيْذَتاَنِ مُجْتَهِدَتاَنِ), (اَلتَّلاَمِيْذُ مُجْتَهِدُونَ) dan (اَلتِّلْمِيْذَاتُ مُجْتَهِداَتٌ). Namun, jika khabar tidak mengandung dlamir yang kembali kepada mubtada’, maka diperbolehkan adanya kesesuaian,[3] seperti (اَلشَّمْسُ وَ الْقَمَرُ آيَتاَنِ مِنْ آيَاتِ اللهِ), dan diperbolehkan pada tidak adanya kesesuaian, seperti (اَلنَّاسُ قِسْماَنِ عاَلِمُ وَ مُتَعَلِّمُ وَ لاَ خَيْرَ فِيْماَ بَيْنَهُماَ).
b.   Khabar Jumlah
Khabar Jumlah adalah khabar yang berupa jumlah fi’liyyah atau jumlah ismiyyah, seperti (اَلْخُلُقُ الْحَسَنُ يُعْلِي قَدْرَ صَاحِبِهِ) dan (اَلْعَامِلُ خُلُقُهُ حَسَنٌ). Disyaratkan bagi jumlah yang menjadi khabar adalah jumlah itu harus mengandung penghubung atau rabith yang menghubungkan khabar dengan mubtada’.[4] Penghubung itu adakalanya berupa dlamir bariz, (اَلظُّلْمُ مَرْتَعُهُ وَخِيْمٌ), atau dlamir mustatir yang kembali kepada mubtada’, seperti (اَلْحَقُّ يَعْلُو), atau dikira-kirakan, (اَلْفِضَّةُ الدِّرْهَمُ بِقِرْشٍ) dengan penakdiran (الدِّرْهَمُ مِنْهاَ), atau berupa isyarah kepada mubtada’, (وَ لِباَسُ التَّقْوَى ذَلِكَ خَيْرٌ), dan adakalanya dengan mengulang lafalnya mubtada’, (اَلْحَاقَّقُ ماَ الْحَاقَّةُ ؟) atau dengan lafal yang lebih umum dari mubtada’, (سَعِيْدٌ نِعْمَ الرَّجُلُ).
Terkadang jumlah yang menjadi khabar adalah dirinya mubtada’ dalam makna, sehingga kita tidak membutuhkan lagi pada rabith, karena jumlah itu bukan perkara yang asing sehingga kita harus membutuhkan pada rabith,[5] seperti (قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ). (هُوَ) adalah dlamir sya’an dan jumlah setelah adalah dirinya (هُوَ), seperti halnya kita mengucapkan (هُوَ عَلِيٌّ مَجْتَهِدٌ).
Terkadang khabar jatuh sebagai dzaraf atau jer-majrur, seperti (اَلْمَجْدُ تَحْتَ عَلَمِ الْعِلْمِ) dan (اَلْعِلْمُ فِي الصُّدُورِ لاَ فِي السُّطُورِ). Yang menjadi khabar sebenarnya adalah muta’allaq-nya dzaraf atau jer-majrur. Muta’allaq itu boleh kita kira-kirakan berupa fi’il, seperti (اِسْتَقَرَّ) dan (كاَنَ), sehingga khabarnya menjadi khabar jumlah, atau dikira-kirakan berupa isim fa’il, sehingga khabarnya termasuk khabar mufrad, dan itu adalah yang paling baik, karena asal dari khabar adalah berupa mufrad.[6]
Dzaraf yang boleh dijadikan khabar adalah dzaraf makan dari isim ma’ani, seperti (اَلْخَيْرُ اَمَامَكَ), dan isim a’yan,[7] seperti (اَلْجَنَّةُ تَحْتَ اَقْدَامِ الْأُمَّهَاتِ). Adapun dzaraf zaman, maka tidak diperbolehkan dijadikan khabar, kecuali dari isim-isim ma’ani, seperti (اَلسَّفَرُ غَداً وَ الْوُصُولُ بَعْدَ غَدٍ), kecuali jika didapatkan faidah dengan menjadikan khabar dzaraf zaman dari isim a’yan, maka diperbolehkan, seperti (اَللَّيْلَةَ الْهِلاَلُ) dan (اَلْيَومَ خَمْرٌ وَ غَداَ اَمْرٌ).


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 263
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 263
[3] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 264
[4] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 264
[5] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265
[6] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265
[7] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 265

No comments:

Post a Comment