Tuesday, April 10, 2018

LAM TAUKID SETELAH (إِنَّ)


(إِنَّ) dengan dikasrahnya hamzah dikhususkan, bukan yang lainnya, dengan kebolehan memasukkan lam taukid, yaitu yang diberi nama lam ibtida’, pada isimnya, (إِنَّ فِي السَّماَءِ لَخَبَراً وَ إِنَّ فِي الْأَرْضِ لَعِبَراً), pada khabarnya, seperti (إِنَّ الْحَقَّ لَمَنْصُورٌ), pada ma’mul khabarnya, seperti (إِنَّهُ لِلْخَيْرِ يَفْعَلُ), dan pada dlamir fashlu, seperti (إِنَّ الْمُجْتَهِدَ لَهُوَ الْفَائِزُ).[1]
Syarat Lafal Yang Bebarengan Lam Taukid[2]
a.       Disyaratkan dalam masuknya lam taukid pada isimnya (إِنَّ), adalah harus jatuh setelah dzaraf atau jer-majrur yang ber-ta’alluq dengan khabarnya yang dibuang, seperti (إِنَّ عِنْدَكَ لَخَيْراً عَظِيْماً وَ إِنَّكَ لَخُلُقاً كَرِيْماً).
b.      Disyaratkan masuknya lam taukid pada khabarnya adalah tidak bebarengan dengan perabot syarat atau nafi, dan fi’il tersebut tidak berupa fi’il madli mutasharrif yang dikosongkan dari (قَدْ). Dan jika berupa fi’il madli yang bebarengan (قَدْ), maka diperbolehkan untuk masuknya lam kepadanya, seperti (إِنَّهُ لَقَدِ اجْتَهَدَ). Seperti (إِنَّ رَبِّي لَسَمِيْعُ الدُّعاَءِ وَ إِنَّ رَبَّكَ لَيَعْلَمُ وَ إِنَّا نَحْنُ نُحْيِي الْمَوْتَى).
Ketika khabarnya (إِنَّ) sudah memenuhi syarat bebarengan dengan lam taukid, maka diperbolehkan untuk memasukkan lam tersebut, tidak ada bedanya jika khabar itu berupa mufrad, (إِنَّ الْحَقَّ لَمَنْصُورٌ), atau jumlah ismiyyah, (إِنَّ الْحَقَّ لَصَوتُهُ مَرْتَفِعٌ), atau jumlah mudlari’iyyah, (إِنَّ رَبَّكَ لَيَحْكُمُ بَيْنَهُمْ), atau jumlah madliyyah yang fi’il madlinya berupa fi’il jamid, (إِنَّكَ لَنِعْمَ الرَّجُلِ) atau berupa fi’il mutasharrif yang bebarengan dengan (قَدْ), seperti (إِنَّ الْفَرَجَ لَقَدْ دَناَ). Dan ketika khabarnya dibuang, maka diperbolehkan memasukkan lam tersebut pada dzaraf atau jer-majrur yang ber-ta’alluq dengannya, seperti (إِنَّ اَخاَكَ لَعِنْدِي وَ إِنَّ اَباَكَ لَفِي الدَّارِ).
c.        Disyaratkan masuknya lam taukid pada maf’ulnya khabar, dua syarat, yaitu: pertama, lam tersebut berada ditengah antara isim dan khabar. Dan kedua, khabarnya termasuk lafal yang pantas jika dimasuki lam tersebut, seperti (إِنَّ سَلِيْماً لَفِي حاَجَتِكَ سَاعٍ وَ إِنَّهُ لَيَومَ الْجُمْعَةِ آتٍ وَ إِنَّهُ لَأَمَرَكَ يُطِيْعُ).
d.      Adapun dlamir fashlu, maka tidak ada syarat khusus dalam masuknya lam taukid kepadanya, (إِنَّ هَذَا لَهُوَ الْقَصَصُ الْحَقُّ). 


[1] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 303
[2] Jami’ al-Durus al-‘Arabiyyah, juz II, hlm. 304-305

No comments:

Post a Comment