Yang
bisa menggantikan masdar, sehingga diberi seperti hukumnya masdar, yaitu dibaca
nashab menjadi maf’ul mutlak, adalah dua belas perkara, yaitu:[1]
a.
Isim masdar, seperti (اَعْطَيْتُكَ عَطاَءً).
b.
Sifat masdar, seperti (سِرْتُ اَحْسَنَ السَّيْرِ).
c.
Dlamir yang kembali kepada masdar, (اِجْتَهَدْتُ اِجْتِهاَداً لَمْ يَجْتَهِدْهُ
غَيْرِي).
d.
Lafal yang muradif (semakna) dengan masdar, yaitu
dengan sekiranya bukan dari lafalnya masdar beserta saling berdekatannya makna,
seperti (قُمْتُ
وُقُوفاً).
e.
Masdar yang bertemu dengannya dalam isytiqaq-nya,
seperti (تَبَتَّلْ اِلَيْهِ تَبْتِيْلاً).
f.
Lafal yang menunjukkan pada nau’ atau bentuknya
masdar, seperti (جَلَسَ الْإِحْتِباَءَ).
g.
Lafal yang menunjukkan pada ‘adad atau hitungannya
masdar, seperti (فَاجْلِدُوا
كُلَّ وَاحِدٍ مِنْهُماَ ثَماَنِيْنَ جَلْدَةً).
h.
Lafal yang menunjukkan pada alatnya masdar, seperti (ضَرَبْتُ
اللِّصَّ سَوْطاً).
i.
(ماَ) dan (اَيَّ) istifhamiyyah, (ماَ
اَكْرَمْتَ سَعِيْداً؟)
dan (اَيَّ
عَيْشٍ تَعِيْشُ؟).
j.
(ماَ), (مَهْماَ) dan (اَيَّ) syarthiyyah, (ماَ
تَجْلِسْ اَجْلِسْ),
(مَهْماَ
تَقِفْ اَقِفْ)
dan (اَيَّ
سَيْرٍ تَسِرْ اَسِرْ).
k.
Lafal (كُلَّ), (بَعْضَ) dan (اَيٌّ) kamaliyyah (yang menunjukkan pada
makna sempurna) yang diidlafahkan kepada masdar, seperti (فَلاَ
تَمِيْلُوا كُلَّ الْمَيْلِ),
(سَعَيْتُ بَعْضَ السَّعْيِ) dan (اجْتَهَدْتُ
اَيَّ اجْتِهاَدٍ).
l.
Isim isyarah yang diisyarahkan kepada masdar, baik
diikuti dengan masdar, seperti (قُلْتُ
ذَلِكَ الْقَولَ),
atau tidak, seperti (هَلْ
اَجْتَهَدْتَ اجْتِهاَداً حَسَناً)
lalu dijawab (اِجْتَهَدْتُ
ذَلِكَ).
No comments:
Post a Comment